Revisi aturan, Kemenhub bakal batasi tarif dan jumlah taksi online

gudang berita liga99keberadaan taksi online seperti GrabCar di Indonesia menimbulkan masalah baru. Dulu, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan melarang peredaran transportasi berbasis daring (online) beroperasi karena tidak memenuhi ketentuan sebagai angkutan umum.

Pelarangan tersebut, tertuang dalam Surat Pemberitahuan Nomor UM.3012/1/21/Phb/2015 yang ditandatangani tertanggal 9 November 2015 lalu.

“Sehubungan dengan maraknya kendaraan bermotor bukan angkutan umum dengan menggunakan aplikasi internet untuk mengangkut orang dan/atau barang, perlu diambil langkah bahwa pengoperasiannya dilarang,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Djoko Sasono, di Jakarta.

Djoko mengatakan pengoperasian transportasi online seperti gojek dan uber taksi tidak memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan.

“Ketentuan angkutan umum adalah harus minimal beroda tiga, berbadan hukum dan memiliki izin penyelenggaraan angkutan umum,” katanya.

Namun saat ini Kementerian Perhubungan yang dipimpin oleh Budi Karya Sumadi kembali mengeluarkan aturan baru memperbolehkan pengoperasian transportasi online. Aturan tersebut tertuang dalam revisi Peraturan Menteri No 32 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Terdapat 10 pokok materi krusial dalam revisi PM 32 Tahun 2016 ini, meliputi jenis angkutan sewa, ukuran CC kendaraan, tarif, kewajiban STNK berbadan hukum, pengujian berkala/ KIR, pool, bengkel, pajak, akses dashboard dan sanksi.

Berikut ini merdeka.com merangkum beberapa hal yang menjadi sorotan dalam uji publik aturan tersebut yang telah dilakukan Kemenhub beberapa waktu lalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s