Saat Tangkap Ikan, Nelayan Diimbau Perhatikan Terumbu Karang


gudang berita liga99
Pengamat bidang kelautan dan perikanan dari Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat Indra Junaidi Zakaria mengatakan, nelayan perlu memperhatikan keberadaan terumbu karang sebelum memutuskan menangkap ikan.

“Keberadaan terumbu karang penting untuk nelayan mudah menangkap ikan, hal ini perlu dipahami,” katanya di Padang, Minggu (19/2).

Dia mengatakan, terumbu karang yang ada di laut amat mempengaruhi keberadaan ikan, sebab di lokasi tersebut terdapat sumber makanan penting.

Terumbu karang kata dia terdiri atas hewan dan tanaman laut seperti porifera, coelenterata dan alga yang bagi ikan bisa jadi makanan dan tempat bermain.

“Bila lokasi ini rusak akibat bahan peledak atau alat tangkap yang tidak sesuai maka mempengaruhi tangkapan ikan nelayan.”

Dia berujar bila terumbu karang yang dekat dengan pantai rusak maka ikan akan bergerak lebih ke tengah mencari lokasi terumbu karang yang representatif.

Hal ini akan merugikan nelayan karena lama melautnya menjadi lebih lama, dan bukan tidak mungkin berpengaruh pada jumlah tangkapan.

“Bila kerusakan meluas, ikan bisa sedikit dan nelayan akan kehilangan mata pencariannya.”

Untuk itu kata dia, nelayan harus mematuhi aturan terkait alat tangkap seperti pukat, dan tidak menggunakan bom atau semacamnya.

Selain memperhatikan dan toleransi pada kehidupan terumbu karang kata dia, bila kerusakan diakibatkan fenomena alam, sudah seharusnya nelayan berkoordinasi dengan pemerintah dan ahli dalam membuat terumbu karang buatan.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Padang Zalbadri mengatakan munculnya peraturan penggunaan pukat di Indonesia salah satunya untuk menjaga keasrian terumbu karang.

Sebab kata dia seperti di Padang penggunaan pukat harimau dan pukat terlarang lainnya berimbas pada tergerusnya terumbu karang yang mengganggu ekosistem ikan di dalamnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s