Dalih buat upacara agama, 607 kg daging penyu diselundupkan ke Bali

LIGA99 AGENT JUDI ONLINE TERLENGKAP DAN TERPERCAYA –Sebanyak 607 kg daging penyu yang tersimpan dalam bongkahan es dibawa melalui perahu boat dari Madura, Jawa Timur menuju ke Bali. Namun pihak kepolisian berhasil mengamankan ratusan daging penyu ini saat sudah diangkut oleh mobil pikap keluar dari pelabuhan Benoa, Denpasar.

Dikatakan Direktur Pol Air Polda Bali, Kombes Pol Sukandar, di Benoa, Denpasar, kasus ini terungkap saat anggotanya melakukan patroli rutin keluar masuknya kendaraan yang mengangkut barang-barang mencurigakan.

Lanjutnya, dari pemeriksaan terhadap nomor DK 9996 HO ditemukan banyak daging yang ditumpuk dalam bongkahan es. Setelah diselidiki ternyata ratusan kilo daging tersebut adalah daging penyu.

Saat ini kami masih mendalami kasus ini. Ada dua orang kami amankan, sopir dan kernet. Apakah mereka ini sendiri yang menjual atau hanya sebagai kurir, itu yang sedang kami dalami,”terangnya, Senin (27/2).

Dua orang tersangka yakni Lukman Hakim asal Desa Jungkat, Pulau Raas Sumenep, Madura, Jawa Timur, Saifullah asal Tabanan, Bali.

“Saat itu kami memang atensi terhadap setiap perdagangan daging penyu di bali. Untuk temuan ini ada 9 boks yang isi seluruhnya daging penyu,” ungkapnya.

Dirinya kembali menekankan bahwa maraknya penjualan daging penyu karena banyaknya permintaan untuk konsumsi dan bisnis masakan lawar dan sate penyu.

“Penyu ini untuk dikonsumsi. Memang akhir-akhir ini di Bali Selatan sedang marak perdagangan penyu untuk dijadikan sate. Modusnya sekarang ini dengan alasan upacara agama. Memang ada upacara yang membutuhkan penyu, tapi setelah pelaksanaanya hewan itu akan dilepaskan di laut bukan dibunuh untuk dikonsumsi,” tegasnya.

Lanjut dia bahwa harga penyu saat ini berkisar Rp 5 juta sampai Rp 7 juta untuk diameter lebar 50 cm. “Kami perkirakan daging penyu ratusan kilo ini telah membunuh 20 sampai 30 ekor penyu,”ungkapnya.

Pihaknya mengaku akan terus mengawasi perdagangan hewan langka di wilayah Bali. Kedua pelaku tersebut telah melanggar Pasal 21 UU No 5 1990 tentang BKSDA ancamam hukuman 5 tahun penjara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s